Announcement

Collapse
No announcement yet.

Uniknya Mikan Art, Seni Mengupas Kulit Jeruk dari Jepang

Collapse
X
  • Filter
  • Time
  • Show
Clear All
new posts

  • #1

    Uniknya Mikan Art, Seni Mengupas Kulit Jeruk dari Jepang

    Bicara tentang kerajinan tangan asal Jepang, kebanyakan orang akan mengingat origami. Namun, tak banyak yang tentang seni mengupas kulit jeruk atau mikan art. Bentuk-bentuk unik bisa dihasilkan dari kulit jeruk yang biasanya dibuang!

    Dalam Bahasa Jepang, mikan berarti jeruk mandarin. Biasanya jeruk berkulit oranye ini dimakan pada musim dingin sambil menghangatkan tubuh di bawah kotatsu (meja pemanas dengan selimut). Inilah mikan art :
    1. Mikan art dengan selembar kulit jeruk

    Ternyata, kulit jeruk yang biasanya dikupas asal-asalan bisa dijadikan karya seni yang disebut mikan art. Bukan sekadar dikupas utuh lalu digunting, aneka bentuk kulit jeruk ini diukir dan dibentuk sejak masih menempel utuh di buahnya!

    2. Mengupas kulit jeruk
    Bahan dan alat yang diperlukan hanya jeruk mandarin, cutter, dan tusuk gigi. Dengan terampil, tangan sang seniman mengukir kulit buah jeruk dengan pola tertentu. Setelah selesai, kulit jeruk dipisahkan dari buahnya dengan tusuk gigi.

    3. Mikan art dengan lebih dari selembar kulit jeruk
    Bentuk kulit jeruk tersebut baru terlihat setelah dikupas dan dibentangkan. Bisa jadi siput, kelinci, kuda, burung, sampai cumi-cumi! Terkadang, diperlukan lebih dari satu buah jeruk atau beberapa potongan terpisah untuk digabungkan. Jadilah gajah, helikopter, topi, atau kotatsu!

    Diagram, mikan art, bentuk, kuda
    Tertarik mencoba sendiri di rumah? Inilah salah satu diagram mikan art untuk menghasilkan bentuk kuda.
Powered by Stromotion
Working...
X