Announcement

Collapse
No announcement yet.

cara membuat bingkai dari sedotan

Collapse
X
  • Filter
  • Time
  • Show
Clear All
new posts

  • #1

    cara membuat bingkai dari sedotan

    Home**»**Tips & Cara***»** Cara membuat Kerajinan Dari Sedotan Yang Unik Dan Menarik

    Cara membuat Kerajinan Dari Sedotan Yang Unik Dan Menarik

    by*Blogoinformasi*| category*Tips & Cara*|*No Comments

    Seiring dengan berkembangnya zaman dan bertambahnya jumlah manusia dibumi maka kebutuhan pangan dan pakan pun semakin meningkat. Bagi sebagian orang ini bisa dijadikan* sebagai peluang usaha, misalnya berjualan**kebutuhan sehari-hari adalah peluang yang sangat bagus. tapi, disisi lain peningkatan jumlah penduduk ini juga
    menimbulkan masalah yang lumayan serius bagi bumi yaitu meningkatnya jumlah sampah yang mengotori bumi, hal ini disebabkan karena pengelolaan sampah yang kurang baik,selain itu tingkah laku manusia yang membuang sampah sembarangan juga masih menjadi masalah yang sulit untuk diatasi.Padahal,jika kita kreatif sampah-sampah yang terlihat tidak berguna dan tidak berharga itu* bisa menjadi barang yang sangat berguna atau bahkan berharga,misalnya dengan membuat kerajinan tangan dari sampah-sampah plastik. Seperti botol bekas,sedotan bekas,kertas bekas, dan Koran bekas. Bicara tentang kerajinan tangan akan lebih baiknya jika kita mengetahui terlebih dahulu tentang pengertian kerajinan tangan. Kerajinan tangan adalah hal yang berkaitan dengan buatan tangan atau kegiatan yang berkaitan dengan barang yang dihasilkan melalui keterampilan tangan (kerajinan tangan). Dari segi bahan,kerajinan tangan dibagi dalam beberapa macam diantarnya :kerajinan dari tanah liat,kerajinan* dari anyaman bambu dan kerajinan dari barang bekas,misalnya botol bekas,Koran bekas,atau pun sedotan bekas. Nah,yang akan menjadi pembahsan pada artikel ini adalah kerajinan tangan dari sedotan bekas.



    kerajinan unik dan menarik dari sedotan

    Pernahkah* anda membeli minuman seperti halnya juice? apa yang anda lakukan terhadap sedotan bekasnya setelah menghabiskan juicenya? Ya,kebanyakan orang pasti membuangnya. Padahal ternyata sedotan bekas yang sering kita anggap sudah tak berguna lagi,ternyata bisa dibuat kerajinan tangan yang bukan saja memiliki nilai estetika yang tinggi tapi juga memiliki nilai guna yang bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari,atau bahkan jika anda seorang interpreneur kerajinan ini bisa memiliki nilai jual yang tinggi juga.berikut ini beberapa tutorial membuat* kerajian tangan dari sedotan yang unik dan menarik.

    Membuat pigura photo dari sedotan



    Mungkin selama ini* kita berfikir bahwa pigura hanya bisa beli jadi dari toko saja, tapi ternyata pigura bisa kita buat sendiri dari barang bekas, salah satunya dari sedotan minuman.berikut cara-cara membuat pigura dari sedotan :

    Alat dan bahanSedotan warna warniPhotoKawat/jarumLilinKorek apiLangkah-langkah membuat pigura sedotanSiapkan alat dan bahan yang diperlukanSetelah alat dan bahan disiapkan lakukan langkah pertama dengan memotong sedotan sesuai dengan ukuran yang diinginkan.Setelah itu barulah kita mulai membuat bingkai dasar caranya :Panaskan kawat dengan hati-hati supaya api tidak terkena tangan.Bentuk bingkai dasar berbentuk persegi, lalu gabungkan sedotan dengan cara menusukan kawat panas pada dua sedotan. Dengan begitu secara otomatis sedotan yang memuai akan meekat satu sama lain.Lalukan terus hingga terbentuk sebuah bingkai seperti pada contoh / kalau mau membuat bentuk lain juga bisa.Setelah bingkai dasar terbentuk, buatlah bentuk bunga dari sedotan untuk menghiasi pigura, caranya :Lipat sedotan dengan arah memutar seperti arah jarum jamLakukan langkah pertama hingga keujung sedotan dan terbentuk bunga.buatlah hingga beberapa biji.Setelah membuat bunga selesai,langkah selanjutnya adalah membuat rumbai-rumbai sebagai hiasan bawah pigura.caranya :Langkah pertama, Gunting sedotan secara spiral, tapi jangan sampai ujung putus, sisakan sedikit untuk penyatuan.Selanjutnya gunting kembali sedotan tadi hingga guntingan spiral menjadi dua.Setelah selesai membuat rumbai-rumbai,kini kita timggal menggabungkan semuanyaLetakan foto pada bingkai dasar.Tutupi pinggoran dengan sedotan lainnya.Lalu rekatkan dengan kawat yang dipanaskan dengan cara seperti sebelumnyaPasang juga rumbai-rumbai dibagian bawah seperti air terjun.Dan Jadilah hiasan Frame Foto yang indah.

    2. Cara membuat lampion dari sedotan



    Lampion merupakan barang yang biasanya sangat diminati oleh kaum wanita terutama lampion-lampion yang bentuknya karaktek lucu seperti emoticon,angry birt,mickey mouse, dan sebagainya yang sekarang ini sangat di senangi oleh remaja putri. Berbicara tentang lampion, pastinya kita brrpikir bahwa lampion hanya bisa dibuat dari benang atau kain flannel saja, jika anda berfikir seperti itu maka pikiran anda salah sama sekali dan anda wajib menyimak pembahasan saya kali ini yaitu tentang cara membuat lampion dari sedotan bekas.langkah-langkahnya sebagai berikut :

    Siapkan alat dan bahan yang di butuhkan daiantaranya :Sedotan bekasKawat berpola kurungan (bisa Anda dapatkan di toko)LampuGuntingSetelah alat dan bahan dilengkapi, mulailah melakukan langkah pertama dengan membuat kawat persegi Anda menjadi berbentuk tabung.Jangan lupa buat kawat tambahan untuk rangka di dalam supaya kuat.Setelah rangka selesai dibuat, buatlah tempat lingkaran berpusat di dalam tabung untuk tempat lampu nantinya.Selanjutnya masukkan sedotan bekas Anda mengikuti lubang dari kawat secara beruntun, dengan cara seperti menyulam (keluar-masuk).Dan lakukan secara terus menerus, sehingga seluruh permukaan bagian lampion dari kawat ini terbungkus dengan sedotan.Setelah selesai, rapikan dengan memotong sedotan bagian luar dan dalam lampion dengan gunting.Dan setelah itu barulah lampoin cantik dari sedotan bekas siap menghias tempat tidur anda.

    3. Membuat kerajinan bunga tulip dari sedotan



    Siapa yang tidak* kenal dengan bunga ? ya, semua orang pasti* mengenal bunga, bunga sering dipakai sebagai hiasan meja atau pun hiasan dinding baik itu bunga hidup atuu pun bunga tiruan dari kain* atau plastik.********************************** Namun, tidak banyak yang tau bahwa bunga hiasan bisa juga dibuat dari sedotan* bekas. Nah, kali ini kita akan membahas tentang* cara* membuat kerajinan dari sedotan bekas.

    Bahan yang digunakan :

    SedotanKawatPutikKelopakDaun

    Alat yang digunakan :

    GuntingJarum

    Cara membuat bunga dari sedotan :

    1 sedotan di lipat menjadi 3 bagian, gunting yang 1/3 bagian. Yang di pakai adalah yang 2/3 bagian.

    lipat 2 sedotanlubangi dengan gunting sudut kiri kanan bawahbentuk agak membulat ke sudut kiri atas.pipihkan sedotan dengan mensejajarkan lubang, lalu gunting sisi yang lebih pendek, sisakan 1/2 cm dari lubang (jangan sampai putus)beri guratan dengan arah dari luar ke dalam, sehingga sedotannya agak melengkung ke dalamsiapkan putik dan kelopak.masukkan ke 3 kelopak ke dalam putik berselang-seling lalu tutup dengan kelopak bawah

    Bagaimana mudah bukan ? yaaa,, meski pun memerlukan ketelitian dan kesabaran tapi jika hasilnya sangat membanggakan kenapa tidak mencobanya ?karna selain bisa berguna untuk* kebutuhan sehari-hari membuat kerajinan dari sedotan juga berarti bahwa kita ikut berfartisipasi dalam dalam* mengurangi sampah yang sering mencemari lingkungan.Jika barang sampah saja bisa menjadi barang unik, kenapa kita cape-cape beli barang mahal* ? Selamat mencoba !!!
Powered by Stromotion
Working...
X