Announcement

Collapse
No announcement yet.

Mengenal Khasiat dan Manfaat Tanaman Bayam-Bayaman Untuk Kesehatan

Collapse
X
  • Filter
  • Time
  • Show
Clear All
new posts

  • #1

    Mengenal Khasiat dan Manfaat Tanaman Bayam-Bayaman Untuk Kesehatan

    Indonesia memang kaya sekali tanaman obat. Makanya sebagai bangsa Indonesia kita wajib bersyukur karena dilahirkan di Indonesia raya ini. Banyak sekali tanaman yang kita anggap remeh ternyata mengandung obat yang sangat luar biasa. Dengan obat alami tersebut kita bisa menyembuhkan berbagai macam masalah penyakit mulai yang ringan bahkan yang berbahaya sekalipun. Obat alami sangat baik untuk dikonsumsi karena minim efek samping. Sementara obat-obatan yang dioleh secara kimiawi tentu saja walau bisa memberikan kesembuhan secara cepat tapi efek sampingnya juga ada bahkan bisa bisa menjadi masalah serius jika dikonsumsi dalam jumlah yang tidak dianjurkan. Salah satu obat alami yang saya kenal dan ketahui karena banyak sekali di tumbuh di sekitar rumah saya adalah tanaman Bayam-Bayaman. Orang Madura menyebutnya dengan reserean ( karena bentuk daunnya seperti daun sirih ).
    Tentang Tanaman Bayam-Bayaman
    Tanaman bayam-bayaman, ada yang menyebutnya kangkung-kangkungan ini tumbuh liar serta umumnya menggerombol. Anda bisa mendapatkannya di banyak tempat dengan mudah seperti di kebun, di halaman rumah, pinggir jalan, di pinggiran selokan, serta ditempat lain yang lembab atau berair. Tingginya cuma seputar 40 cm., dengan dahan berbuku-buku sama tanaman sirih. Daunnya berupa hati, berwarna hijau pucat serta halus bercahaya seperti dilapis lilin. Bentuk batangnya bulat kurang lebih bergaris tengah 5 milimeter. Sedangkan bentuk Buahnya bulat seperti buah kopi, namun ukurannya tambah lebih kecil, seputar 1 milimeter tebalnya. Saat telah tua, biji bakal jatuh dari dalam buah kecil ini ke tanah untuk kepentingan berkembang biak.
    Sebuah website Wellsphere menyatakan bahwa di Filipina tanaman ini dimaksud tangon-tangon atau ulasiman-bato, serta sudah lama digunakan juga sebagai obat, diantaranya untuk menolong menangani masalah artritis, gout (asam urat), bisul, bengkak bernanah, jerawat, sakit kepala, nyeri perut, serta permasalahan pada ginjal. Dalam bhs Tagalog dimaksud pansit-pansitan, sedang orang Cebu menyebutnya olasiman-ihalas. Sesaat nama Latin untuk tanaman ini yaitu Piper pellucida Linn atau peperomia. Herba ini masuk keluarga Piperaceae.
    Keseluruhnya tanaman peperomia dapat dipakai, namun biasanya orang memakai batang dan daunnya yang masih tetap fresh. Di Filipina, peperomia umum di buat tapal (dilumatkan serta ditempelkan ke sisi badan yang sakit) untuk menangani bengkak atau bisul. Nyatanya pemakaian tapal peperomia ini dapat jadi kebiasaan masyarakan di Afrika Barat, terlebih Lagos. Cuma saja, disana tapal ini dipakai untuk menangani kejang atau penyakit sawan. Herba peperomia umumnya dipakai juga sebagai bahan tunggal, jadi tak di gabung dengan tanaman obat type lain. Bagaimanapun, tanaman obat terus mempunyai beberapa zat yang bisa menyebabkan dampak samping, walaupun biasanya sangatlah enteng serta tak menyebabkan keluhan bermakna. Karenanya, sebaiknya bila Anda berkonsultasi dengan praktisi atau pakar penyembuhan herbal saat sebelum memakainya.
    Faedah Bayam-Bayaman Untuk Kesehatan
    Apa saja Faedah Bayam-Bayaman Untuk Kesehatan ? Tanaman liar ini mempunyai manfaat turunkan kandungan asam urat pada badan, hingga bisa menolong memudahkan keluhan bengkak ataupun nyeri pada pasien gout. Tidak hanya itu saja, bayam-bayaman dapat juga menangani masalah sakit kepala, nyeri perut, serta jerawat. Cara mengkonsumsi biasanya diseduh, namun ada juga yang menyantapnya juga sebagai lalapan fresh.
    Untuk mengkonsumsi Bayam-Bayaman agar bermanfaat untuk menjaga dan memelihara kesehatan aalah dengan Diseduh atau Buat Lalapan. Berikut beberapa tips mengkonsumsi bayam-bayam yang berkhasiat menangani beberapa penyakit :
    Resep Bayam-Bayaman untuk Menolong menjaga kulit (menangani jerawat, bisul, bengkak bernanah). Ambillah segenggam tanaman peperomia fresh, seduh dengan air panas. Biarlah sebentar. Apabila airnya telah dingin atau suam-suam kuku, pakai untuk membersihkan muka. Dapat pula tanaman ini diremasremas atau dihaluskan, lalu ditempelkan ke sisi muka yang ditumbuhi jerawat atau bisul. Rebus sebentar herba ini, dilumatkan, lalu oleskan segera ke daerah yang sakit.
    Resep Bayam-Bayaman untuk Menolong menangani artritis serta gout. Ambillah 1/2 mangkok tanaman peperomia fresh, bersihkan dengan air bersih, lantas dikonsumsi juga sebagai salad sayuran. Terasa renyah seperti seledri. 1/2 mangkok ini tak mesti di habiskan sekalian, namun dapat untuk tiga kali makan. Dapat pula menyeduh sejumput atau selama 20 cm tanaman ini, dengan dua gelas air panas. Apabila telah hangat, minumlah 2 x, untuk pagi serta sore.
    Resep Bayam-Bayaman untuk Meredakan sakit kepala. Panaskan sebagian helai daun peperomia dengan air panas, lantas tempelkan ke dahi, pasti saat daun telah tak terlampau menyengat, agar tak menyebabkan luka bakar. Sedangkan Resep Bayam-Bayaman untuk Mengatasi nyeri perut serta masalah ginjal. Siapkan semangkuk kecil daun serta batang peperomia, beri dua gelas air lantas di rebus sampai mendidih. Airnya dapat untuk 2 x mengkonsumsi, satu gelas pada pagi hari serta satu gelas di sore hari.
    Sahabat kumpulan tips bacatips.com yang berbahagia, semoga artikel yang berisi informasi tentang Mengenal Khasiat dan Manfaat Tanaman Bayam-Bayaman Untuk Kesehatan akan memberika manfaat untuk anda. Gunakan ramuan alami untuk menjaga kesehatan dan mengatasi berbagai masalah penyakit. Salam sehat selalu.








Powered by Stromotion
Working...
X