Announcement

Collapse
No announcement yet.

7 Kuliner Menggugah Selera Khas Belanda Ini Tidak Boleh Kamu Lewatkan Begitu Saja!

Collapse
X
  • Filter
  • Time
  • Show
Clear All
new posts

  • #1

    7 Kuliner Menggugah Selera Khas Belanda Ini Tidak Boleh Kamu Lewatkan Begitu Saja!

    Belanda, negeri kincir angin ini tentunya sangat familiar di telinga kamu, orang Indonesia. Bagaimana nggak? Belanda pernah menjajah bangsa Indonesia lebih dari 1,5 abad lamanya. Eits! Tapi tunggu, di sini kamu nggak akan ngomongin soal sejarah kelam kedua bangsa tersebut kok. Yang kamu akan bahas adalah sesuatu yang bisa menggugah selera dan membuat perutmu terasa lapar.
    Selain kincir angin dan bunga tulip, ternyata Belanda juga mempunyai daya tarik yang lain. Salah satunya adalah kulinernya. “Wah! Kulinernya ada apa aja tuh?” Yap! Daripada kamu banyak nanya, mendingan langsung baca aja artikel ini ya!
    1. Herring Fish

    sandwich herring fish via expatlingo.files.wordpress.com

    Belanda adalah salah satu negara pengekspor dan penghasil ikan Herring terbesar di Eropa. Hal ini menjadikan Herring Fish atau ikan Herring ini menjadi salah satu santapan pada menu utama selama musim panas.
    Kenapa cuma jadi menu santapan musim panas? Jawabannya adalah karena pemerintahan Belanda hanya memperbolehkan penagkapan ikan Herring selama musim panas. Mungkin hal ini memiliki tujuan untuk melestarikan jenis ikan ini.
    cara menikmati herring fish via newyork.seriouseats.com

    “You never been in holland until you eat herring”. Pepatah itu tentunya sangat pas untuk penggambaran menu khas Belanda ini. Biasanya pada perayaan tertentu seperti Hari Lahir kota Leiden, panitia akan membagikan ikan herring secara gratis untuk disantap bersama.
    Menu ikan herring di Belanda disajikan secara mentah setelah dibersihkan dan dibekukan selama 24 jam. Yang unik dari kuliner ini adalah cara makan orang Belanda itu sendiri. Cara santap ikan herring ala Nederlanders adalah dengan menenggaknya. Tapi, buat kamu yang merasa asing dengan cara tersebut, kamu bisa menikmati ikan herring dengan memakannya bersama sandwich.
    2. Keju Edam

    keju edam khas Belanda via wandrairas.files.wordpress.com

    Seperti yang kamu tahu negara di benua Eropa sangat terkenal sebagai penghasil keju terbesar di seluruh dunia. Hal ini ternyata juga berlaku bagi negara Belanda. Bahkan selain sebagai salah satu negara penghasil keju terbesar di Eropa, Belanda juga memiliki jenis keju khasnya sendiri.
    Keju Edam adalah keju khas Belanda. Keju ini terkenal karena memiliki tekstur yang sangat lembut dan sedikit lebih asin dibandingkan dengan keju jenis lain. Dan tentunya rasa keju edam ini sangat menggugah selera.
    Di pasaran keju Edam dijual dalam porsi besar-besaran. Kebanyakan orang Belanda menyantap keju edam sebagai cemilan kopi atau teh ketika udara di luar sedang dingin.
    3. Waterzooi

    waterzooi via c1.staticflickr.com

    Waterzooi sebenarnya adalah makanan yang berasal dari Belgia. Tepatnya makanan yang berupa rebusan ini berasal dari negara bagian Flanderia. Namun saking populernya di Belanda makanan ini menjadi salah satu makanan wajib bagi para pengunjung negara tersebut.
    Kata waterzooi sendiri berasal dari bahasa Belanda yang artinya merebus atau rebusan. Pada awal kemunculan makanan ini, waterzooi memakai daging ikan sebagai bahan dasar rebusannya. Namun seiring perkembangan kuliner di Belanda daging ayam pun bisa kamu pakai.
    Untuk bahan rebusan tambahan di waterzooi biasanya orang Belanda memakai wortel, kentang, dan daun bawang. Akan tetapi, buat kamu yang mau nambahin brokoli atau sayuran favorit kamu, sah-sah aja kok! Dan jangan lupa ya tambahan kaldu kental sebagai sup untuk baguette-nya!
    4. Hutspot

    hutspot via dutchrestaurant.vn

    Makanan wajib selanjutnya yang harus kamu cicipi ketika menginjakan kaki di Belanda adalah hutspot. Hutspot adalah masakan tradisional Belanda yang berasal dari kota Leiden. Awalnya makanan ini hanya disajikan untuk merayakan Hari Kemerdekaan kota Leiden dari jajahan tentara Spanyol.
    Seiring bertambahnya kepopuleran dari hutspot sendiri membuat makanan yang berbahan dasar kentang yang dihaluskan ini menjadi makanan tradisional Belanda. Hidangan hutspot ini biasanya disajikan dengan klapstuk, sejenis daging sapi rebus. Selain itu, juga bisa dengan bakso atau jenis daging apapun sesuai selera sebagai pengganti klapstuk jika tidak tersedia.
    Cara membuat hutspot terbilang sangat mudah karena kamu hanya perlu menghaluskan bahan dasar kentang dengan wortel juga sayuran lalu disajikan dengan dagingnya. Orang Belanda biasanya menjadikan hutspot sebagai hidangan jika ada tamu yang berkunjung. Jadi, buat pecinta daging dan sayuran yang sedang berkunjung ke Belanda, jangan lewatkan hutspot ya!
    5. Kue Onbitjkoek

    Ontbijtkoek via sharontravelogue.com

    Wah! Yang satu ini memang udah terkenal banget nih di Belanda! Kue khas Belanda yang bernama Onbitjkoek ini sekilas memang mirip kue bolu ya. Akan tetapi, tetap nggak kalah lezat dari kue bolu kok!
    Kue khas belanda ini memiliki tekstur yang kenyal dan lembut. Selain kenyal dan lembut kue khas Belanda ini juga sangat harum, lho! Harumnya kue ini tentunya dari bahan dasar rempah-rempah seperti kayu manis, pala, dan cengkeh yang terlibat di proses pembuatan ini.
    Kebanyakan orang Belanda memakan kue ini dengan cara mengoleskan mentega di atasnya.
    Onbitjkoek ini juga termasuk sebagai salah satu menu sarapan nomor satu di Belanda. Karena selain enak juga bisa dibeli di pinggir jalan sebagai street food. Karena itu Onbitjkoek menjadi pilihan nomor satu untuk orang yang nggak punya waktu banyak untuk sarapan.
    6. Erwtensoep

    Erwtensoep via kokenmetkennis.nl

    Belanda selain terkenal dengan keju edam, ternyata juga terkenal dengan supnya yang enak. Salah satunya adalah Erwtensoep atau sup ercis dalam bahasa Indonesia. Sup ini bahkan menjadi salah satu peninggalan budaya Belanda di Indonesia khususnya pada bidang kuliner.
    Sup ercis seperti namanya tentunya terbuat dari kacang ercis sebagai bahan dasarnya. Selain kacang ercis biasanya orang Belanda mencampurkan bahan lain seperti, daging sapi, sayur-sayuran seperti wortel dan kentang. Sup ercis memiliki warna yang kecoklatan karena campuran bahan-bahan tersebut.
    Sup ercis tentunya menjadi menu andalan ketika musim dingin tiba. Orang Belanda juga biasanya menyantap menu sup ini dengan tambahan roti yang bertekstur halus. Gimana? Tertarik, kan?
    7. Rookworst

    Rookworst via food-nutrition.nl

    Buat kamu yang ngaku-ngaku sebagai pecinta daging belum afdol kalau kamu nggak nyobain sosis daging ala Belanda, Rookworst. Sosis rookworst adalah sosis daging sapi ala Belanda yang sangat terkenal. Untuk proses pembuatannya sendiri, sosis ini dicampur dengan rempah-rempah di dalam dagingnya.
    Rookworst seperti namanya yang berarti sosis asap ini memang menjalani proses pengasapan pada awalnya. Namun modern ini pengasapan jarang dilakukan untuk proses pembuatan sosis ini. Pembungkus daging sosis ini juga sudah diganti yang semula dengan bahan usus sapi menjadi dengan bahan dasar kolagen sapi.
    Saking terkenalnya, sosis khas Belanda ini juga di ekspor ke negara Inggris, lho! Sosis khas ini biasanya menjadi bahan dasar berbagai jenis makanan di Belanda juga, lho! Gimana? Yuk! Makan cicipi sosis ini!
    Nah! Jadi, bagi kalian yang sedang atau ingin mengunjungi Belanda jangan sampai terlewat mencicipi 7 makanan tradisional Belanda di atas ya! Selamat makan!

Powered by Stromotion
Working...
X