Announcement

Collapse
No announcement yet.

15 Kepingan Surga di Kebumen yang Bikin Kamu Ingin Segera ke Sana!

Collapse
X
  • Filter
  • Time
  • Show
Clear All
new posts

  • #1

    15 Kepingan Surga di Kebumen yang Bikin Kamu Ingin Segera ke Sana!

    Kabupaten Kebumen mungkin jarang terlintas di pikiranmu ketika sedang merencanakan sebuah perjalanan wisata. Tapi siapa sangka, Kebumen ternyata memiliki banyak tempat seru yang tak boleh kamu lewatkan.
    Banyak pantai di Kebumen yang masih belum terjamah, sehingga kamu bisa menatap langsung ke Samudera Hindia dengan indahnya. Objek wisata Kebumen tak hanya terbatas pada pantai, tapi juga ada sebuah benteng besar berwarna merah yang menjadi salah satu kebanggaan warga Kebumen. Benteng ini pasti pernah kamu lihat jika kamu pernah nonton film The Raid 2.
    Nah, penasaran? Yuk cek 15 tempat wisata Kebumen yang gak boleh kamu lewatkan. Berangkat dari Jogja cuma memakan waktu tiga jam saja!
    1. Goa Jatijajar

    Sumber gambar: eloratour.wordpress.com
    Goa Jatijajar adalah Goa Alam yang terletak di Desa Jatijajar, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen Jawa Tengah. Goa ini terbentuk dari batu kapur dan telah ditemukan oleh seorang petani bernama Jayamenawi yang memiliki tanah diatas goa tersebut. Pada suatu ketika Jayamenawi sedang mengambil rumput, kemudian jatuh ke sebuah lubang. Dan ternyata lubang itu adalah ventilasi yang ada di langit-langit goa tersebut. Lubang ini mempunyai garis tengah empat meter dan tinggi dari tanah yang berada dibawahnya 24 meter.
    2. Goa Petruk

    Sumber gambar: advjourney.com
    Goa Petruk merupakan salah objek wisata di Kabupaten Kebumen. Lokasinya berada di Dukuh Mandayana Desa Candirenggo Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, atau sekitar 4,5 km dari Jatijajar menuju ke arah selatan.
    3. Waduk Sempor

    Sumber gambar: travelkebumen.com
    Obyek wisata Waduk Sempor memang bukanlah nama yang asing lagi bagi dunia kepariwisataan kita. Di balik fungsinya sebagai sarana irigasi teknis bagi ribuan hektar sawah di wilayah Gombong, waduk ini juga menyimpan potensi yang besar sebagai obyek wisata.
    4. Waduk Wadaslintang

    Sumber gambar: nurohmansmkn2.wordpress.com
    Waduk Wadaslintang merupakan objek wisata yang cukup unik. Karena letaknya diperbatasan Kabupaten Kebumen dan Wonosobo. Daerahnya berudara sejuk dengan panorama alam pegunungan di sekitarnya yang begitu alami. Sehingga cocok sebagai tempat rekreasi bagi kawula muda maupun keluarga. Disebut menarik, karena sebagian genangan air masuk wilayah Wonosobo. Sungai utama yang dibendung yakni Sungai Bedegolan.

    5. Pantai Karang Bolong

    Sumber gambar: wisatalokaleksotis.com
    Sesuai dengan namanya, Pantai Karang Bolong adalah salah satu objek wisata pantai yang terkenal karena sebuah batu karang besar bolong yang terdapat di pantainya.
    6. Pantai Suwuk

    Sumber gambar: sharesains.wordpress.com
    Pantai Suwuk terletak di Desa Suwuk, Kecamatan Puring, Kabupaten Kebumen. Untuk menuju ke lokasi pantai, banyak jalur alternatif yang dapat kamu gunakan. Pantai ini terletak 22 km sebelah selatan Gombong.
    7. Pantai Logending atau Pantai Ayah

    Sumber gambar: ucritengoceh.wordpress.com
    Pantai Logending terletak di Desa Ayah Kecamatan Ayah Kabupaten Kebumen yang berbatasan dengan Kabupaten Cilacap. Pantai ini berjarak sekitar 53 km dari kota Kebumen dan sekitar 8 km dari objek wisata Goa Jatijajar. Pantai ini mudah dicapai oleh wisatawan misalnya dari arah Yogyakarta maka wisatawan cukup menempuh jalur selatan ke arah Gombong kemudian ke selatan mengikuti jalan sampai terdapat pantai dan bukit.

    8. Pantai Menganti

    Sumber gambar: telusurindonesia.com
    Pantai Menganti Kebumen memiliki pasir putih yang dipadukan dengan birunya samudra yang dikelilingi oleh bukit hijau dan tebing alam yang tinggi. Pantai Menganti ini berlokasi di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen. Berlokasi kurang lebih 40 km dari Kecamatan Gombong. Pantai Menganti bisa di jangkau dengan kendaraan bermotor.
    9. Pantai Petanahan

    Sumber gambar: warungfiksi.net
    Tidak seperti Pantai di Kabupaten Kebumen lainnya, pengunjung bisa menikmati deburan ombak dan menyaksikan hamparan laut selatan ini seolah tak ada batasnya. Ini salah satu yang membuat pengunjung merasa puas datang ke objek wisata tersebut.
    Kamu bisa berjalan-jalan menelusuri pantai yang begitu luas dan menyaksikan deburan ombak laut yang kejar-kejaran. Selain itu, kamu bisa menyaksikannya dengan duduk-duduk santai di pengunungan pantai tersebut yang sekelilingnya ini terdapat tumbuhan cemara dan pohon pandan yang mempunyai mitos sendiri.
    10. Jembangan Wisata Alam

    Sumber gambar: arifatulfaidah.blogspot.com
    Jembangan Wisata Alam (JWA) yang terletak di Desa Jembangan, Kecamatan Poncowarno Kabupaten Kebumen. Kecamatan Poncowarno ini merupakan Kecamatan yang terletak pada dataran tinggi. Prasarana menuju lokasi kawasan wisata ini sudah sangat mendukung yaitu jalan perbukitan di wilayah utara Kabupaten Kebumen beraspal hitam mengkilap, jalan berkelok-kelok mengikuti topografi yang ada. Kawasan JWA terletak sebelah timur laut Kota Kebumen berjarak kurang lebih 20 km dari Kota Kebumen.
    11. Pemandian Air Panas Krakal

    Sumber gambar: spiritriau.com
    Obyek Wisata di Kabupaten Kebumen, cukup beraneka ragam. Selain wisata pantai, gua dan bendungan, ada juga objek wisata yang unik, yaitu Pemandian Air Panas Krakal. Objek wisata ini bisa dikatakan sebagai wisata medis, karena orang yang datang ke tempat tersebut adalah untuk berobat.
    12. Taman Reptil Kebumen

    Sumber gambar: lotuspensinatiwie.wordpress.com
    Taman yang beralamatkan di Jalan Kaleng 11 Adiluhur Adimulyo Kebumen, Jawa Tengah, merupakan taman reptil yang menyediakan berbagai macam fasilitas. Jika kamu penyayang reptil maka kamu juga bisa mendapatkan berbagai informasi mengenai reptil. Berawal dari hobi memelihara reptil seperti ular, biawak, kura-kura dan beberapa jenis binatang lain, Ambar Sutoyo sang pemilik akhirnya membuka Taman Reptil Adiluhur (TARA).
    13. Jemur Adventure Park

    Sumber gambar: jogja.tribunnews.com
    Jemur Adventure Park merupakan wahana wisata yang berada di Desa Jemur, Kabupaten Kebumen. Untuk memudahkan mencari lokasi ini, dari Madrasah Aliyah Negeri 1 Kebumen (MAN 1 Kebumen) ke arah utara sampai menemukan gerbang bertuliskan Jemur Adventure Park. Jemur Adventure Park (JAP) adalah wahana outbond yang didirikan melalui program PNPM yang bertujuan mengembangkan potensi desa. Tempat outbond ini tergolong murah dan sangat terjangkau dengan semua permainan yang disediakan. Meski masih tergolong sederhana karena masih dalam proses pembangunan, wisata ini patut kamu coba.
    14. Geowisata Karangsambung

    Sumber gambar: batualamlukulo.blogspot.com
    Karangsambung merupakan laboratorium alam dan monumen geologi yang sangat menarik, baik bagi obyek penelitian maupun geowisata. Setiap tahun paling tidak ada sekitar 150 mahasiswa yang mengadakan penelitian di daerah itu. Mereka antara lain berasal dari Institut Teknologi Bandung, Universitas Trisakti Jakarta, dan Universitas Jenderal Sudirman.
    15. Benteng Van Der Wijck

    Sumber gambar: wisata.vanbumen.com
    Benteng yang terletak di Gombong, sekitar 19 km dari pusat kota Kebumen ini, merupakan benteng peninggalan kolonial Belanda yang memiliki keunikan menarik. Keunikan benteng Van Der Wijck terletak pada bangunan yang seluruhnya terbuat dari batu bata. Bahkan atap benteng berbentuk segi delapan ini juga terbuat dari batu bata yang kokoh dan dibuat menyerupai bukit-bukit kecil, sehingga sangat ideal sebagai tempat pertahanan sekaligus pengintaian.
    Nah, kamu tertarik ke sana?
    Yuk, kita jalan-jalan ke Kebumen!

Powered by Stromotion
Working...
X