Announcement

Collapse
No announcement yet.

8 tempat wisata di curup yang harus kamu datangi

Collapse
X
  • Filter
  • Time
  • Show
Clear All
new posts

  • #1

    8 tempat wisata di curup yang harus kamu datangi

    Kabupaten Rejang lebong - 8 tempat wisata di Curup yang harus wajib didatangi ketika berada di Curup

    * * ** Ini dia Loh Sobat, Wisata Alam Yang Ada Di Curup !

    Kabupaten Rejang Lebongmerupakan salah satukabupaten*di*provinsi*Bengkulu,Indonesia. Kabupaten ini mempunyai luas daerah 1.515,76 km² dengan populasi kurang lebih 246.787 jiwa. Ibu kotanya adalah*Curup. Kabupaten ini berlokasi di lereng pegunungan Bukit Barisan dan berjarak 85 km dari kota*Bengkulu.




    Penduduk asli terdiri dari 2 suku utama yaitu*suku*Rejangserta*suku*Lembak. Suku Rejang menempati di daerah atas yaitu kecamatan Curup, Curup Utara, Curup Timur, Curup Selatan, Curup Tengah, Bermani Ulu, Bermani Ulu Raya, dan sebagian Selupu Rejang. Suku Lembak menempati tanah bawah yaitu kecamatan Kota Padang, Padang Ulak Tanding, Binduriang, Sindang Dataran, Sindang Beliti Ulu, Sindang Beliti Ilir, dan Sindang Kelingi.




    1.*****Danau Mas Bestari*


    Kawasan*wisata*Danau Mas di Desa Karang Jaya, Kecamatan Selupu Rejang, Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, menyimpan potensi keindahan alami yang mempesona.


    Walaupun*objek wisatayang disuguhkan hanyalah berupa danau di perbukitan, area itu tetap menawan bagi pelancong yang datang.


    Danau Mas berlokasi kurang lebih 19 kilometer dari kota Curup, ibu kota Kabupaten Rejang Lebong, atau kurang lebih 25 kilometer dari Lubuk*Linggau, Sumatera Selatan.


    Danau ini berlokasi di pinggir jalan yang menghubungkan dua kota bertetangga tetapi berlainan provinsi.


    Tempat Danau Mas akan dengan mudah nampak oleh para pengguna jalan yang tengah melintas. Posisi danau yang berlokasi di lembah, tepatnya di bagian bawah pinggir jalan, memudahkan pengguna jalan untuk melihatnya.



    2.*****Bukit Kaba



    Bukit Kaba merupakan gunung berapi yang berlokasi di perbatasan Kabupaten Rejang Lebong dan Kabupaten Kepahiang, Provinsi Bengkulu.


    Dari Kota Curup, gunung ini berlokasi di sebelah tenggara dengan jarak kurang lebih 15 km.


    Lokasi di seputar Bukit Kaba adalah salah satu cagar alam untuk perlindungan bunga Rafflesia.


    kondisi alam yang berbukit dan berudara sejuk ditambah pemandangan yang mempesona.*Objek Wisata*Bukit Kaba adalah salah satu objek wisata alam dengan lebar**kurang lebih 100 ha Yang memiliki potensial dengan ketinggian 1964 m dari permukaan laut serta berada 18 km dari ibukota Kabupaten Curup.


    Dari Puncak Bukit kaba ini sobat bisa melihat panorama Alam yang menawan yang jarang dijumpai di daerah lain.


    Untuk bisa mencapai Puncak Bukit Kaba, sobat dapat menempuh dengan dua cara yaitu dengan berjalan kaki melewati jalan setapak serta menggunakan kendaraan roda 2 maupun roda 4 disebabkan jalan telah diaspal.


    Flora dan Fauna yang terdapat di Bukit Kaba antara lain :


    Flora : Bunga Rafflesia Arnoldii dan Bunga Bangkai.


    Fauna : Bunglon, Tupai, Burung Tanah, Monyet, Musang, Siamang, Beruk, Burung Raja Udang, Burung Kutilang Emas, Burung Elang serta Satwa Langka yang Dilindungi Seperti Harimau Kumbang, Harimau Belang, Kijang, Rusa.


    Daya tarik dan keistimewaan yang dimilikiobjek wisata*Bukit Kaba ini ialah sangat Cocok bagi sobat yang memiliki hobi bertualang,**dengan udaranya yang masih sangat sejuk, serta ditambah keunikan dan keutuhan sumber daya alam serta panorama alam yang mempesona.


    Selain itu di bukit kaba berada di kawah vulkanik yang masih aktif.



    3.*****Suban Air Panas


    Objek Wisata*Suban Air panas ialah objek wisata alam yang sudah banyak diminati oleh masyarakat Bengkulu, Kelebihan objek wisata ini sangatlah beragam, sebab dikarenakan objek wisata ini menyajikan berbagai keunikan di dalamnya.


    Objek wisata*ini masih terus dikembangkan dan ditata dengan baik sehingga dapat menarik wisatawan mancanegara.





    Objek wisata*ini berlokasi kurang lebih 6 km dari Kota Curup. Selain merupakan lokasi rekreasi yang mengasyikkan, air panas di*objek wisata*ini dipercaya dapat untuk menyembuhkan berbagai penyakit kulit, pegal linu serta rematik.


    Ditempat ini juga memiliki air terjun yang indah dengan ketinggian kurang lebih 90 m dengan air yang sangat jernih serta dingin.


    Selain itu terdapat pula batu yang dianggap keramat yang diberi nama Batu Menangis oleh masyarakat sekitar.


    Kabar mitos nya orang-orang yang membawa sejumlah hewan peliharaan dan memotongnya untuk mendapatkan keberkahan dari Tuhan Yang Maha Kuasa.


    Jumlah wisatawan yang datang ke*objek wisataSuban Air panas ini mencapai kurang lebih 7500 orang/bulan dan untuk mencapai objek wisata alam Suban Air Panas tersebut tidaklah sulit sebabnya jaraknya kurang lebih 3 km dari jalan Negara, dari itu lokasi dapat dengan mudah dilalui menggunakan kendaraan pribadi baik roda 2 maupun roda 4.



    Objek wisata*alam Suban Air Panas ini adalah wisata unggulan di ada di Propinsi Bengkulu, terutama Kabupaten Rejang Lebong pada khususnya.




    4.*****Air Terjun Kepala Curup


    Objek Wisata*Air Terjun Kepala Curup,**memiliki Daya tarik wisata berupa air terjun dengan ketinggian 100 meter dan mempunyai keindahan pemandangan alam serta udara sejuk dan asri.




    Selain menikmati keindahan alam, sobat juga dapat melihat berbagai jenis flora dan fauna seperti berbagai jenis burung, monyet dan habitat bunga Rafflesia.


    Tempat objek wisatayang berlokasi sekitar 29 km dari kota Curup Atau kurang lebih 80 km dari Ibu kota Bengkulu.




    5.*****Air Terjun Sindang Kelingi


    Objek Wisata*Air terjun sindang kelingi merupakan air terjun yang cukup tinggi, berada di desa sindang jati, air terjun ini masih alami dan memiliki sisi tebing yang sangat curam pada bagian kiri dan kanannya.




    Untuk dapat menjangkau daerah ini tidak begitu sulit sebab tempatnya persis berada di pinggir jalan, namun untuk mencapai dasar dari air*terjun ini sangatlah sulit karena tidak ada jalan yang menuju ke dasar air terjun tersebut, sobat harus menelusuri puing-puing sisa bangunan belanda, dimana jalan tersebut masih sangat curam dan licin.




    6.*****Kebun Teh Bukit Daun


    Perkebunan teh ini berlokasi di Kampung Sajad, Bermani Ulu. Berada sekitar 22 km dari Curup.


    Untuk mencapai ke sini, sobat dapat melalui jalur persimpangan Tabarenah menuju Talang Gambir, atau persimpangan Pal 100.




    Perkebunan teh ini dikelola oleh PT. Agro tea. Perkebunan teh ini memproduksi teh cap Dandang.


    Dari perkebunan teh ini sobat dapat melihat kota Curup dan sekitarnya.




    7.*****Kebun binatang Dio bagite


    Kebun binatang Dio bagite ini berlokasi 4 km dari pusat kota Curup.Tempat wisata*yang cukup representatif ini, memiliki beberapa sarana antara lain kolam pancingan, kolam renang, kolam air panas, mandi uap, serta mempunyai koleksi binatang contohnya beruang, gajah, berbagai jenis burung, kuda, kera, monyet kura-kura, biawak, Dsb.





    Di sini Juga terdapat sarana bermain anak-anak, motor anak, Dll.




    8.*****Wisata Lubuk Beso


    Objek Wisata*Lubuk Beso kalau diartikan dari bahasa Lembak, berarti Lubuk Besar.




    berlokasi di desa Apur, 3 km dari Kepala Curup menuju Rejang Lebong. Di sini sobat dapat menikmati pemandangan alam sambil memancing ikan di lubuk ini.







    Home* = >**13*TempatWisata*Bengkulu yang wajib dikunjungi

    Arya Panji Abiguna

    Share

    *

    Post a Comment

    Berkomentarlah dengan Bijak dan tidak melakukan coment spam





    Home

    View web version

    Tentang Saya

    Arya Panji Abiguna*
Powered by Stromotion
Working...
X